Sukses

Petani Kopra Produksi Biodiesel

Petani kopra di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mengolah kopra menjadi biodiesel. Selain ramah lingkungan, biodiesel juga mampu menetralisir suhu mesin dalam waktu yang lama.

Liputan6.com, Polewali Mandar: Harga kopra yang kurang menggembirakan tak membuat petani di Desa Tonyamang, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar), kehilangan akal. Untuk meningkatkan nilai ekonomis kopra, para petani mengolah kopra menjadi bahan bakar nabati yang akrab disebut biodiesel.

Selain ramah lingkungan, setelah diuji juga dapat menetralisir suhu mesin dalam waktu yang lama. Proses pembuatannya pun cukup mudah. Petani mampu menghasilkan 50 liter biodiesel dengan menggunakan 100 kilogram kopra. Harga kopra Rp 2400 per kilogram dengan keuntungan Rp 30 ribu. Meski untung yang dihasilkan terbilang sedikit, namun usaha ini cukup menjanjikan dikala harga minyak semakin melambung. (ASW/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini