Sukses

Suramadu Berfungsi, Pengasong dan ASDP Gigit Jari

Pedagang asongan dan pihak ASDP Pelabuhan Bangkalan, Madura, merugi sejak Jembatan Suramadu diresmikan. Sekitar 50 persen penumpang kapal kini beralih lewat jembatan.

Liputan6.com, Bangkalan: Pembeli makin sepi. Belum lagi penumpang yang terus berkurang. Inilah hari-hari yang harus dilalui pedagang dan pihak perusahaan pelayaran di Pelabuhan Bangkalan, Madura, sehari setelah jembatan Suramadu diresmikan.

Kamis (11/6), pihak Angkutan Sungai, Danau, dan Penyebrangan (ASDP) rugi hingga 50 persen karena para penumpang beralih lewat jembatan. Hal itu juga dialami Muhriyah, salah satu pedagang asongan. Dia hanya mampu meratapi dagangannya yang tak laku terjual.

Boleh jadi inilah konsekuensi pembangunan. Ada yang untung dan ada yang rugi. Tapi yang pasti, jembatan Suramadu dibuat dengan harapan perekonomian Madura yang jauh tertinggal dari Surabaya bisa tumbuh. Atau sebaliknya, angka urbanisasi dari Madura ke Surabaya semakin deras.(IKA/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.