Sukses

Sistem Peringatan Dini untuk Suramadu

Jika hembusan angin dinilai membahayakan, pengelola Suramadu akan mengerahkan petugasnya untuk memberi peringatan secara langsung kepada pengguna jembatan. Namun untuk jangka panjang pengelola akan menyiapkan sistem peringatan dini.

Liputan6.com, Surabaya: Mewaspadai kecepatan angin saat melintasi jembatan Suramadu menjadi faktor penting untuk diperhatikan demi menghindari kecelakaan. Pimpinan proyek jembatan Suramadu, A.G. Ismail, mengatakan pengelola akan mengerahkan petugas memberi peringatan langsung kepada pelintas jika embusan angin dinilai membahayakan. Namun untuk jangka panjang pengelola akan menyiapkan sistem peringatan dini atau early warning system.

Setelah ditunggu selama enam tahun, jembatan Suramadu hari ini mulai bisa digunakan masyarakat. Bahkan hingga akhir bulan ini PT Jasa Marga selaku pengelola membebaskan masyarakat melintasi jembatan sepanjang lebih dari lima kilometer tersebut. Jika tertarik menjajal jembatan terpanjang se-Asia Tenggara ini, ada beberapa standar keamanan yang harus dipatuhi, baik untuk roda dua maupun roda empat mengingat letak jembatan yang membelah laut [baca: Operator Feri Surabaya-Madura Ketar Ketir].(YNI/VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.