Sukses

Harimau Sumatera Terancam Punah

Penyusutan ekosistem hutan di Aceh menjadi ancaman bagi populasi Harimau Sumatra. Populasi Harimau Aceh hanya terdapat 110-140 ekor dan itu data lama sekitar 20 tahun lalu.

Liputan6.com, Banda Aceh: Penyusutan ekosistem hutan di Aceh menjadi ancaman bagi populasi Panthera Tigris Sumatrae alias Harimau Sumatera, Senin (9/6). Ancaman kepunahan itu dinyatakan oleh Ketua Forum Harimau Kita, Hariyo Wibisono yang mengatakan populasi raja hutan di pulau Sumatera itu kini hanya 500 ekor, sementara di Aceh hanya terdapat 110-140 ekor dan itu data lama sekitar 20 tahun lalu.

"Tempat tinggal mereka di hutan mulai diusik dengan pembuatan lahan baru sehingga ekosistem dan habitat mereka semakin lama, semakin menyusut," ungkap Hariyo.

Menurut Hariyo, ada faktor lain yang juga mengancam habitat Harimau Sumatera. "Konflik manusia-satwa (harimau) juga merupakan indikator berkurangnya habitat mereka. Kemungkinan habitat harimau semakin terancam karena ada konflik antara harimau dengan manusia".(VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini