Sukses

Orangutan Kalbar Berkurang 50 Persen

Populasi orangutan di Kalbar diperkirakan berkurang 50 persen dalam 10 tahun terakhir. Kondisi ini diduga terjadi karena hilangnya hutan dataran rendah, pembalakan liar, dan kebakaran hutan.

Liputan6.com, Pontianak: Populasi hewan langka orangutan di Kalimantan Barat (Kalbar) diperkirakan telah berkurang 50 persen dalam 10 tahun terakhir, seperti di tulis ANTARA, Selasa (9/6). Kondisi memprihatinkan ini diperkirakan terjadi karena hilangnya hutan dataran rendah, pembalakan liar, kebakaran hutan, dan pemburu yang menjadikan orangutan sebagai objek perburuan.

Ade Yuliani dari Yayasan Titian - lembaga pemerhati populasi dan perkembangbiakan orangutan mengatakan jumlah hewan ini diperkirakan tersisa 6.675 individu dengan dua spesies utama Pongo pygmaeus dan Pongo pygmaeus wurmbii.

Sementara itu Federasi Hewan Langka Dunia Indonesia untuk wilayah Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalbar, menyatakan jumlah orangutan di Taman Nasional Danau Sentarum Kalbar menurun hingga 62 persen.(VIN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini