Sukses

Warga Surabaya Demo Depdagri

Puluhan warga Strenkali Surabaya berunjuk rasa menuntut pencabutan surat klarifikasi Depdagri dan Departemen PU soal perubahan garis batas kali.

Liputan6.com, Surabaya: Sekitar 20 warga dan simpatisan paguyuban warga Strenkali Surabaya, Jawa Timur, kembali beraksi di depan gedung Departemen Dalam Negeri (Depdagri), Senin (8/6). Mereka meminta pemerintah mencabut surat klarifikasi Depdagri dan Departemen Pekerjaan Umum (PU) yang merubah garis batas pemukiman pinggir Kali Surabaya dan Kali Wonokromo dari 3-5 meter menjadi 11 meter.

Warga menuding surat klarifikasi yang terbit awal April 2009 menjadi dasar aksi penggusuran oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Penolakan warga berdasarkan kesepakan dengan Pemkot sepakat untuk tidak merelokasi dan hanya merenovasi lingkungan yang tertuang dalam Peraturan Daerah No 9 Tahun 2007.

Pengunjuk rasa merasa Pemkot telah menyalahi kesepakatan yang telah dibuat dalam Perda tersebut. Mereka mengancam akan terus melancarkan aksi demo hingga tuntutan pencabutan surat klarifikasi dan penghentian penggusuran dipenuhi. (UPI/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini