Sukses

Lagi, Puluhan Hektare Sawah Diserang Hama

Puluhan hektare tanaman padi di Desa Lalos, Tolitoli, Sulteng, diserang hama penggerek batang dan ulat. Petani pun merugi hingga puluhan juta rupiah.

Liputan6.com, Tolitoli: Puluhan hektare tanaman padi siap panen di Desa Lalos, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, diserang hama penggerek batang dan ulat. Hama tersebut juga merusak bibit padi dan tanaman di sekitarnya. Akibatnya, ratusan petani merugi hingga puluhan juta rupiah.

Berdasarkan pantauan SCTV, Ahad (7/6), serangan hama di Lalos ini sudah yang kesekian kalinya dalam tiga tahun terakhir. Jenis hama yang menyerang utamanya hama penggerek batang, ulat, walang sangit dan belalang. Hama menyerang melalui akar dan batang tanaman padi sehingga bulir padi menjadi hitam dan kering.

Upaya petani membasmi dengan menangkap langsung maupun menggunakan pestisida masih belum membuahkan hasil. Para petani terpaksa panen lebih awal. Petani meminta instansi terkait agar segera turun tangan melakukan upaya antisipatif.(UPI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.