Sukses

Tradisi Khitan Massal di Ogan Komering

Masyarakat Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, memiliki tradisi unik melangsungkan prosesi khitanan. Anak-anak yang hendak dikhitan diperlakukan bak raja.

Liputan6.com, Ogan Komering Ilir: Tradisi khitanan di Tanah Air berasal dari ajaran Islam. Meski berakar dari satu ajaran, prosesi khitan di tiap daerah hampir selalu berbeda. Salah satu yang unik dilakukan masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan. Prosesi diawali dengan mengarak rombongan anak yang akan disunat menuju rumah adat yang disebut Limas. Sepanjang jalan, anak-anak diperlakukan seperti raja dan diiringi punggawa dan dayang-dayang.

Atraksi silat menyambut rombongan sebelum memasuki Limas. Di depan tangga rumah, beras dan kunyit ditaburkan ke hadapan rombongan sebagai simbol kesuburan dan kerendahan hati. Di dalam rumah, serangkaian tata upacara adat lain telah menunggu. Dari menyelimutkan kain songket pertanda kasih sayang dari orang tua sampai pembacaan ayat-ayat suci Alquran. Acara berakhir setelah para orang tua memberi persenan dan tari zappin yang bernuansa Islami digelar.(ZAQ/Syaiful Halim dan Agus Ginanjar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini