Sukses

Danau Kelimutu, Keajaiban di Nusatenggara Timur

Satu di antara keajaiban alam yang dimiliki Provinsi Nusatenggara Timur adalah Danau Kelimutu. Danau tersebut diyakini sebagai tempat para roh manusia berkumpul.

Liputan6.com, Ende: Danau Kelimutu menjadi satu di antara keajaiban alam yang dimiliki Pulau Flores, Nusatenggara Timur. Selain memiliki tiga danau dengan warna khas masing-masing, kawasan itu juga diyakini menyimpan legenda leluhur penduduk setempat. Demikian hasil pemantauan SCTV di puncak Gunung Kelimutu, Kabupaten Ende, NTB, baru-baru ini.

Ketiga danau itu adalah Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo. Tiwu Ata Mbupu memiliki air berwarna coklat dan diyakini penduduk sebagai tempat arwah para orangtua mereka. Tiwu Nuwa Muri Koo Fai yang airnya berwarna hijau, dipercayai sebagai lokasi berkumpulnya arwah kaum muda. Sedangkan Tiwu Ata Polo berair coklat tua, dipercaya sebagai wadah arwah para tukang tenung.

Keunikan lain dari Danau Kelimutu adalah warna-warna air di ketiga danau tadi, yang dapat berubah setiap saat. Perubahan tersebut akibat perubahan cuaca maupun pengaruh mikroorganisma di dalamnya. Misalnya, Tiwu Ata Mbupu yang sebelumnya memiliki air berwarna putih atau Tiwu Ata Polo yang berair merah.

Di samping keunikan warna air dan keindahan panorama di Taman Nasional Kelimutu, penduduk setempat yakin masing-masing danau adalah tempat asal dan kembalinya roh atau mae manusia. Mereka percaya, masing-masing danau akan menampung roh manusia menurut usia dan perbuatannya setelah mendapat pertimbangan Konde Ratu, semacam malaikat penjaga gerbang danau tersebut.(ICH/Syaiful Halim)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini