Sukses

Barongsai dari Rotan Diburu Importir Asing

Berbekal sebagai pemain dan sering memperbaiki kerusakan, seorang perajin dari Bogor, Jabar, kini eksis di bidang pembuatan Barongsai. Kini produknya mulai diburu importir asing.

Liputan6.com, Bogor: Perayaan Imlek biasanya dimeriahkan dengan atraksi Barongsai. Pertunjukan naga ini selalu memikat orang yang menyaksikannya. Karena itu pula menjelang perayaan Imlek para perajin Barongsai selalu kebanjiran pesanan.

Salah satunya Hambali. Bahkan, perajin Barongsai asal Bogor, Jawa Barat ini, belum lama ini mengaku, selain memenuhi kebutuhan masyarakat Tionghoa di Jabotabek, produknya juga dipesan dari luar Jawa hingga ke luar negeri.

Menurut Hambali, produknya mulai diburu importir asing karena selain selalu menjaga kualitas kerajinannya, Barongsai yang dibuatnya senantiasa memenuhi standar internasional. "Produk kami dinilai konsumen kuat, rapih, dan komposisi warnanya menarik," katanya.

Selama ini Hambali banyak memasarkan produknya dari mulut ke mulut. Namun, supaya Barongsai buatannya makin diminati orang ia mulai menggunakan internet. Dalam soal pemasaran Hambali mengaku ingin seperti di Cina. Di negara itu, pemerintahnya selalu membantu pemasaran. 

Barongsai produk Hambali terbuat dari rotan. Ia sengaja menggunakan rotan yang sudah tua supaya lentur, alot, dan tidak mudah patah. Proses pembuatannya pertama merangkai rotan dengan kawat untuk membuat rangka. Setelah itu membuat komposisi atau bentuk. "Ini bagian paling sulit karena bentuknya harus menyerupai," kata Hambali.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.