Sukses

Variasikan Bunyi dengan Suling Pipa

Kecintaan pada dunia musik terutama alat musik tiup memacu Mokolensang menciptakan instrumen tiup dengan bahan baku dari pipa plastik. Selain bentuknya yang unik, alat tiup ini memiliki variasi bunyi lebih banyak ketimbang suling biasa.

Liputan6.com, Manado: Kecintaan pada suatu bidang ternyata bisa menjadi modal memulai usaha. Paling tidak itu yang dialami Mokolensang, warga Manado, Sulawesi Utara. Kecintaan pada dunia musik terutama alat musik tiup memacu Mokolensang menciptakan instrumen tiup dengan bahan baku dari pipa plastik (PVC) atau paralon.

Selain bentuknya yang unik, alat tiup ini memiliki variasi bunyi lebih banyak ketimbang suling biasa. "Alat ini dibuat dua arah, ke kiri ke kanan sehingga nadanya lebih merdu dari yang satu arah," ungkap Mokolensang kepada reporter SCTV, Julianus Kriswantoro. Selain itu, suling dari pipa lebih awet serta sehat bagi pemakainya karena dapat dicuci.

Mokolensang mengisahkan, saat duduk di bangku sekolah dasar ia telah membuat suling dari bambu. Namun Mokolensang kesulitan mencari bambu dengan ukuran sama. "Terpikir ada pipa PVC yang diameternya sama jadi lebih mudah membuat suling dalam jumlah banyak dan bunyinya sama," ucap dia. Saksikan liputan selengkapnya dalam video Cabe Rawit edisi 13 Juli 2009.(YNI/ANS)

A.J. Mokolensang
Telepon: 0813.40755.249
Alamat : Pineleng I, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.