Sukses

Remitansi TKI Sumbawa Capai Rp 200 Miliar

Remitansi atau jumlah uang yang dikirim TKI asal Kabupaten Sumbawa yang bekerja di luar negeri setiap tahun mencapai lebih dari Rp 200 miliar.

Liputan6.com, Sumbawa: Remitansi atau jumlah uang yang dikirim TKI asal Kabupaten Sumbawa yang bekerja di luar negeri setiap tahun mencapai lebih dari Rp 200 miliar. "Peran para TKI sangat membantu perekonomian dan kesejahteraan," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Mahmud Abdullah di Sumbawa Besar, Kamis (26/8). Dalam dialog dengan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Kamis (26/8), Mahmud menyatakan pada 2008, dari 8.828 orang TKI asal Sumbawa yang bekerja di luar negeri terdapat remitansi sebesar Rp 236, 2 miliar melalui satu bank sedangkan pada tahun 2009 terdapat 7.234 orang TKI dengan jumlah remitansi sebesar Rp 171, 3 miliar.

Mahmud menyebutkan kabupaten Sumbawa juga telah memiliki Komisi Perlindungan TKI, asosiasi penata laksana rumah tangga (PLRT), dan forum PLRT yang senantiasa berkoordinasi dalam urusan TKI bersama Dinas Tenaga Kerja serta Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI setempat. Mahmud menyatakan jumlah TKI Sumbawa sebagian besar bekerja sebagai PLRT atau pembantu rumah tangga di negara-negara kawasan Timur Tengah terutama di Arab Saudi. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.