Sukses

Presiden: Cegah Kemacetan Parah Saat Mudik

Presiden SBY meminta kementerian dan lembaga terkait untuk mencegah kemacetan lalu lintas yang parah saat musim mudik.

Liputan6.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta kementerian dan lembaga terkait untuk mencegah kemacetan lalu lintas yang parah saat musim mudik. "Prioritaskan tugas penanganan mudik lebaran itu pada lalu lintas," kata Presiden dalam sidang kabinet di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (2/9).

Selain pasar tumpah, Presiden juga menekankan pentingnya mengatasi sumbatan-sumbatan lalu lintas yang mendorong timbulnya kemacetan lalu lintas saat musim mudik. "Kalau kita dengar radio televisi dan sms, yang sering menjadi sumber keluhan di masyarakat kita karena memang kendaraan bertumpuk. Jalannya itu-itu saja jumlah kendaraannya luar biasa," katanya.

Yang kedua menurut Presiden, titik-titik kemacetan juga muncul akibat masalah infrastruktur, seperti Nagrek dan tempat-tempat lain yang menjadi bottleneck, akibatnya kendaraan mengantri selama berjam-jam. Selain lalu lintas, Presiden juga mengingatkan pentingnya menjamin keamanan dan kenyamanan angkutan laut dan udara.

Untuk bahan bakar minyak, Presiden menegaskan agar semua pihak terkait memastikan tersedianya pasokan BBM sehingga SPBU di sepanjang jalur mudik tidak kehabisan persediaan yang akan merugikan masyarakat. Terkait pengamanan, Presiden meminta agar keamanan masyarakat terjamin baik di jalan maupun lingkungan rumah.(ANT/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.