Sukses

Simpati Terus Mengalir untuk Si Gadis Belatung

Simpati dari berbagai elemen masyarakat terus mengalir untuk Ummi Darmiyati, gadis belia yang menderita penyakit Limfadentis, yang menyebabkan sekujur tubuhnya dipenuhi belatung. Setelah dirawat kondisi Ummi mulai membaik.

Liputan6.com, Mamuju: Raut lelah dan bosan tampak di wajah Ummi Darmiyati. Gadis belia dari Kecamatan Tabulanan, Kabupaten Mamasa, Sulawesi barat ini sudah tiga pekan menjalani perawatan di RSUD Mamuju. Namun rasa lelah dan bosan itu sedikit terobati oleh hadirnya berbagai lapisan masyarakat yang datang menjenguk dan mendoakannya. Mereka yang datang mulai dari pejabat pemerintah, politisi hingga aktifis kemanusiaan dan mahasiswa.

Kondisi Ummi sendiri kini sudah mulai membaik. Beberapa luka di tubuhnya yang sebelumnya dipenuhi belatung kini mulai mengering. Namun demikian keluarga Ummi masih menunggu hasil diagnosa yang pasti dari tim kesehatan tentang penyakit yang diderita Ummi. Mereka juga menunggu hasil tes darah yang sudah dilakukan pada pihak keluarga untuk mengetahui apakah penyakit Ummi menular ke yang lain.

Dokter Bob Wahyudi, salah satu anggota tim dokter menyatakan, pihaknya membutuhkan waktu setidaknya seminggu untuk memastikan apakah penyakit Ummi menular ke yang lain, atau ada keluarga Ummi yang sebelumnya sudah mengidap penyakit itu.

Menurut sejumlah literatur kesehatan, Limfadenitis adalah peradangan pada satu atau beberapa kelenjar getah bening. Penyebabnya bisa oleh infeksi dari berbagai organisme yaitu bakteri, virus, protozoa, riketsia atau jamur. Secara khusus penyebaran ke kelenjar getah bening terjadi melalui infeksi kulit, telinga, hidung atau mata.(MLA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini