Sukses

Menjelang UN, Siswa Dihantui Kecemasan Tak Lulus

Adanya ujian nasional susulan, tentu menjadi kabar baik bagi para siswa yang tidak lulus. Meski demikian, kecemasan tetap saja melanda para siswa. Isak tangis pun mewarnai persiapan ujian nasional, di sejumlah sekolah di Indonesia.

Liputan6.com, Watampone: Mendekati Ujian Nasional (UN), ribuan siswa di sejumlah daerah di Indonesia, dihinggapi rasa cemas dan takut tak lulus UN. Seperti yang terjadi di SMA 1 Watampone, Bone, Sulawesi Selatan, Sabtu (20/3), sejumlah siswa , menangis, bahkan pingsan, mereka khawatir, tidak lulus UN, yang akan digelar Senin lusa. Untuk memperkuat mental jelang UN, mereka menggelar zikir dan doa bersama.

Sedangkan di Tegal, Jawa Tengah, siswa SM Al Irsyad, Tegal, saling berpelukan, dan mendoakan, agar sukses dan lulus UN. Pihak sekolah berharap, seluruh siswanya yang ikut UN, bisa lulus 100 persen. Sementara di Magelang, Jateng, sejumlah siswa SMK menyatakan, meski yakin akan lulus UN, mereka tetap saja mereka khawatir. Hal sama, juga dirasakan ratusan siswa SMK Nasional di Limo, Depok, Jawa Barat, sebagian siswa larut dalam kesedihan, karena takut tak lulus UN.

Di Jakarta sendiri, persiapan UN sudah mencapai final. Sejumlah sekolah, sudah menempelkan nomor urut ujian, maupun menyiapkan meja bagi pengawas.

Siswa sebenarnya tidak perlu menangis, jika mereka rajin belajar dan berusaha maksimal. Apalagi, pemerintah sudah menyiapkan ujian susulan, untuk seluruh tingkatan, mulai SMA, MA dan SMK, SMP, hingga Sekolah Dasar (SD), dan setingkatnya.(ARL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini